Naik bus umum ke Pengandaran

Transportasi ke pengandaran dari Jakarta bisa menggunakan bus umum. Kali ini kami mencoba untuk menggunakan bus umum dari Jakarta ke Pengandaran. Untuk ke Pengandaran sebenarnya bisa langsung dari Jakarta tepatnya dari Kampung Rambutan tapi atas rekomendasi teman-teman lain akhirnya kami memilih untuk naik bus dari Terminal Bekasi. Dari Jakarta ke Terminal Bekasi Timur tentu tidak terlalu jauh, kita bisa pilih banyak angkutan yang menuju Bekasi. Ada Mayasari Bakti kalau dari Slipi atau naik Bis Agro Mas kalo dari daerah Veteran.

Setelah sampai terminal Bekasi, kita langsung saja naik Bus Budiman yang menuju ke Pengandaran. Sebaiknya pilih bus yang AC. Bus Budiman AC lebih mahal dari yang non AC. Harga tiket Bus Budiman dari Bekasi ke Pengandaran sekitar 63 ribu rupiah. Kalau bus yang non AC sekitar 55 ribu rupiah. Bis yang AC bis nya nyaman dan bagus serta supir dan kondekturnya juga ramah. Mungkin itu kenapa bis nya dinamakan bus Budiman kali ya :). Sayangnya walaupun bus AC tetap saja masih ada pedagang asongan leluasa masuk ke bus walau tidak banyak.

Bus Budiman ke Pengandaran dari Bekasi waktu itu berangkat jam 9 pagi. Bus beberapa kali berhenti untuk menarik penumpang tapi tidak lama ngetemnya. Sampai di Garut bus beristirahat sebentar untuk mengizinkan penumpangnya istirahat dan Shalat. Waktu itu kami menjamak shalat Dzuhur dengan Ashar. Bus ini juga melewati Ciamis dan Banjar. Jadi kalau mau ke Ciamis atau Banjar bisa juga menggunakan bus ini. Setelah kira-kira 8 jam sampai juga kami di Pengandaran. Cukup lama juga sih namun perjalanan menggunakan bus ke Pengandaran tentu lebih hemat  daripada menyewa mobil. Dengan bis ini kita bisa turun langsung di pintu gerbang Pantai Pengandaran. Dari situ kita bisa mencari penginapan yang murah. O iya kalau mau pulang lagi dengan bus Budiman jangan lupa untuk menunggu di terminal Pengandaran waktunya pagi dari jam 7 sampai 9.. Atau kalau mau pulang malam bis terakhir yang dari Pengandaran ke Bekasi bisa ditunggu sampai jam 9 malam.

0 komentar:

Posting Komentar